Denda 2 Juta Kalau Foto dan Rekam Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Sebarkanlah ~ Di berbagai macam sosial media, kamu pasti sering kan melihat orang-orang membagikan atau mengunggah foto-foto serta video dari para korban kecelakaan. Bahkan, bukannya buru-buru menolang, masyarakat kita lebih sering berkerumun hanya untuk mengabadikan situasi atau kondisi dari setiap kecelakaan.


Tapi kalau di Jerman, hal seperti ini adalah sesuatu yang dilarang. Bahkan jika kamu ketahuan mengabadikan korban luka atau tewas akibat kecelakaan, kamu bisa didenda sebesar 128,50 Euro atau setara dengan Rp 2 juta.

Sebagaimana yang terjadi pada Selasa, 21 Mei 2019 lalu, seorang sopir truk berusia 47 tahun tewas dalam kecelakaan di jalur kendaraan Autobahn 6, Bavaria. Bersamaan dengan kejadiakn tersebut, Polisi memergoki seorang lelaki yang mengabadikan korban di lokasi kejadian.

Polisi bernama Stefan Pfeiffer tersebut menginterogasi pelaku yang berupaya mengambil video dan foto dan mempermalukannya atas perbuatan yang ia lakukan. Kejadian tersebut terlihat dalam sebuah video yang direkam Bayerischer Rundfunk. Awalnya, Pfeiffer mengajak pelaku untuk melihat kondisi korban tewas dalam kecelakaan.

“Ayo, saya kasih lihat sesuatu. Kamu ingin melihat mayat dan mengambil fotonya? Nah, itu dia, dia terkapar di sana, kamu ingin melihat dia?” ujar Pfeiffer mengintimidasi pelaku.

Pfeiffer melanjutkan, “Nah, kamu saja tidak ingin melihat mayat korban, kenapa kamu malah mengabadikannya dengan kamera?”

Selanjutnya, Pfeiffer menagih denda senilai 128,50 Euro atau setara dengan Rp 2 juta dari pelaku karena telah mengambil foto lokasi kecelakaan secara sembunyi-sembunyi di Jerman.

“Sekarang kamu harus bayar 128,50 Euro karena mengambil gambar di sini. Sungguh memalukan. Ini bukan perbuatan terpuji,” lanjut Pfeiffer seperti dikutip dari Says.com, Senin (10/6/2019).

Pun Pfeiffer juga meminta surat izin mengemudi, surat-surat mobil dan paspor pelaku. Tak hanya berhenti pada pelaku tersebut, Pfeiffer juga melarang pengemudi lain yang mengambil gambar korban tewas kecelakaan. Karena perbuatannya, berkali-kali pelaku meminta maaf kepada polisi tersebut.

“Lihat! Dia (mayat itu) berasal dari Hungaria. Kamu tidak ingin melihat? Kenapa kamu ingin mengambil foto dia?” ujar Pfeiffer.

Berkali-kali, sopir tersebut mengatakan, “Saya minta maaf, saya minta maaf.”

Menurut Pfeiffer, untuk menghadapi orang-orang dengan perilaku yang tidak pantas seperti dihadapinya memang diperlukan sesuatu yang bisa membuatnya jera. Dan denda jadi salah satu solusi untuk melarang mereka melakukannya.

“Jika kami tidak denda mereka 128,50 Euro dan melepaskan mereka, saya yakin mereka tidak akan belajar apapun,” ujar Pfeiffer.

Untuk video lengkapnya, kamu bisa menontonnya disini https://www.youtube.com/watch?v=8ffetIbzyK8

sumber : https://gobagi.com/kamu-akan-didenda-rp-2-juta-jika-ambil-foto-dan-video-korban-kecelakaan/


EmoticonEmoticon