Tanda-Tanda anak Anda harus memakai kacamata

4 Tanda ketika anak harus memakai kacamata
Asalasah ~Akhir-akhir ini semakin banyak anak-anak bahkan balita yang mengenakan kacamata. Apakah hal ini menunjukkan bahwa orang tua harus mulai memperhatikan kesehatan penglihatan anak mulai usia dini?

Berdasarkan Dr Mel Fiderman, anak akan memberikan beberapa tanda yang menunjukkan bahwa dia membutuhkan tes mata. Beberapa tanda ini akan memberikan petunjuk bagi Anda ketika anak mulai membutuhkan kacamata, seperti dilansir oleh The Stir (28/02).

1. Berdiri atau duduk terlalu dekat dengan televisi.
Kebanyakan balita senang berdiri di dekat televisi karena mereka tertarik dengan lampu yang menyala dan ingin menyentuh televisinya. Namun perhatikan ketika anak Anda berusaha berdiri atau duduk lebih dekat pada televisi karena membutuhkannya, atau karena mereka ingin melihat gambar dengan lebih jelas.

2. Mewarnai terlalu dekat
Tak hanya televisi, ketika mereka sedang mewarnai atau menulis, perhatikan cara mereka melakukannya. Anak yang membutuhkan tes mata seringkali menulis dan mewarnai dengan wajah atau kepala yang terlalu dekat dengan kertas. Hal ini dilakukan karena mereka ingin melihat tulisan atau gambar yang sedang mereka warnai dengan lebih baik.

3. Sering menyipitkan mata
Apakah anak Anda sering menyipitkan mata ketika melihat sesuatu atau ketika melihat lampu yang terang? Ini adalah tanda yang jelas namun seringkali jarang diperhatikan oleh orang tua kebanyakan. Ketika sukar melihat sesuatu anak akan cenderung menyipitkan matanya.

4. Menguji dengan permainan
Ketika Anda tidak yakin apakah tanda-tanda di atas benar-benar menunjukkan bahwa anak membutuhkan kacamata, maka Anda bisa melakukan percobaan dengan mereka. Mudah saja, Anda cukup mengajak mereka melakukan permainan. Misalkan membaca dari jauh, dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa mengetahuinya tanpa membuat anak merasa takut.

Kesehatan mata dan penglihatan adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan oleh orang tua sejak dini. Dengan mengetahui tanda di atas sejak awal, orang tua bisa memberikan perawatan kesehatan yang terbaik untuk anak.

Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/4-tanda-ketika-anak-harus-memakai-kacamata.html


EmoticonEmoticon