Jembatan-Jembatan Unik Yang Berpenghuni

Asalasah ~ Jembatan adalah sebuah struktur  yang memiliki fungsi menghubungkan dua tempat yang terpisah. Biasanya jembatan digunakan sebagai sarana penghubung suatu daerah yang dipisahkan oleh sungai atau lembah. Berkembangnya keadaan di suatu daerah, jembatan tidak hanya sebagai jalan penghubung, namun dibeberapa daerah menjadi tempat huni yang memiliki fungsi sebagai perumahan komersial. Siapa sangka fungsi jembatan berkembang lebih dari sekedar jalan penghubung. Berikut jembatan yang dihuni dan sangat popular di kalangan wisatawan bahkan menjadi tujuan wisata.


1. Ponte Vecchio, Italia

Photobucket

Ponte Vecchio adalah jembatan tertua di Florence. Hal ini diyakini bahwa jembatan sudah ada di sini selama zaman Romawi. Diperkirakan pada tahun  1345 dibangun untuk menggantikan jembatan yang hancur oleh banjir. Rumah dibangun di jembatan, merupakan kebiasaan umum di kota-kota besar di Eropa selama Abad Pertengahan.  Rumah-rumah di jembatan awalnya digunakan sebagai toko seperti toko  daging dan penyamak kulit. Tahun 1593, Duke Ferdinand I memutuskan untuk mengganti toko –toko tersebut dengan toko emas karena dilaporkan jembatan dipenuhi oleh sampah dan bau busuk. Dan hingga saat ini rumah diatas jembatan adalah toko yang menjual macam perhiasan dan barang antik dari harga yang terjangkau hingga paling mahal.

2. Krämerbrücke, Jerman

Photobucket

Krämerbrücke adalah sebuah jembatan di kota Thuringian Erfurt,  Jerman yang ditutupi oleh  bangunan kayu di kedua sisi.  Jembatan unik yang berada di Eropa utara pegunungan Alpen. Jembatan membentang dari Breitstrom, cabang dari Sungai Gera, menghubungkan Benediktsplatz dan Wenigemarkt. Saat ini sebagian besar pengrajin dan toko-toko antik dapat ditemukan di 32 rumah di Krämer Bridge. Kecuali untuk rumah bernomor 15, 20, 24 dan 33, semua rumah adalah milik kota. Bangunan itu dan merupakan tujuan wisata. Pemerintah kota mempertahankan dasar untuk konservasi monumen sejarah yang unik, Yayasan Krämerbrücke. Festival kota terbesar Erfurt dinamai dari nama jembatan: Krämerbrückenfest. Hal ini diadakan di sekitar jembatan dan di kota tua setiap tahun pada bulan Juni.

3. Pont de Rohan, France

Photobucket

Pont de Rohan adalah jembatan yang dihuni di Landerneau di utara-barat Perancis. Jembatan ini membentang menyebrangi sungai Élorn. Sejak 1336, ketika dibangun, dan sempat diperbaharui  pada 1510 oleh Jean II de Rohan (bangsawan dari abad ke-15). Awalnya terdapat dua toko, pabrik dan penjara. Hari ini  Pont de Rohan berisi dua baris rumah di kedua sisi dan merupakan landmark Landerneau (sebuah komune di Brittany).

4. Covered Bridge, Bulgaria

Photobucket

Jembatan Covered seperti namanya adalah  jembatan tertutup di kota Lovech, Bulgaria. Jembatan melintasi Sungai Osam, menghubungkan bagian-bagian kota lama dan baru dari Lovech, yang mungkin simbol yang paling dikenal dari kota. jembatan pernah hancur oleh banjir pada tahun 1872, kepala polisi setempat memerintahkan master terkenal Bulgaria pembangun Kolyu Ficheto untuk membangun yang baru. Ficheto pribadi memilih bahan untuk jembatan kayu. 

Setiap warga Lovech memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan, dari yang miskin menyumbang tenaga dan uang sumbangan dari para kaum kaya.  Bangunan selesai pada tahun 1874. Jembatan awal memiliki panjang 84 m ventilasi (276 ft) dan menampung 64 toko.  Musibah pernah terjadi , ketika bangunan di jembatan dihancurkan oleh api pada malam 2 sampai 3 Agustus 1925. Sebuah jembatan yang lebih modern dibangun di tempat di 1931 hanya untuk digantikan oleh rekonstruksi desain Kolyu Ficheto pada 1981-1982. Jembatan saat ini memiliki panjang  106 m (350 kaki) dan memiliki 14 toko, arsitek oleh  Zlatev.

5. Pont des Marchands, France

Photobucket

The Pont des Marchands adalah jembatan bersejarah di Narbonne, Perancis selatan. Berfungsi sebagai dasar untuk deretan rumah dan toko-toko di bawah Canal de la Robine berjalan melalui kota tua. Segmental jembatan yang memiliki rentang dari 15 m (50 kaki). Pada zaman Romawi struktur tampil sebanyak enam lengkungan.

6. Pulteney Bridge, Inggris

Photobucket

Pulteney Bridge adalah jembatan yang melintasi Sungai Avon, di Bath, Inggris. Selesai dibangun  pada tahun 1773 dan ditunjuk oleh Inggris Heritage sebagai bangunan kelas I yang terdaftar. Jembatan ini dirancang oleh Robert Adam, yang bekerja sebagai penggambar dan gambarnya menjadi koleksi di Museum Sir John Soane, dan merupakan salah satu dari hanya empat jembatan di dunia dengan toko-toko di seluruh rentang penuh pada kedua belah sisi. Toko di jembatan ini menjual beragam souvenir termasuk toko bunga, toko antik peta, dan bar jus. 

7. Frome Town Bridge, Inggris

Photobucket

Jembatan ini dihuni terletak di Frome, sebuah kota di timur laut Somerset, Inggris Frome Town Bridge dibangun pada tahun 1667. Di jembatan terletak membangun dengan beberapa toko menjual beragam kebutuhan dan souvenir.

Sumber: http://sorsow.blogspot.com/2013/01/7-jembatan-berpenghuni-yang-paling.html

3 comments

wih serem , tambahin juga jembatan merah gan

wuih, unik juga ya jembatannya..hehe

blogwalking!


EmoticonEmoticon