Membaca Sangat Bagus Untuk Menambah Wawasan

Asalasah ~ Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis (Hodgson dalam Tarigan 1979:7). Membaca pada hakikatnya adalah suatu yang rumit yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekadar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif (Crawley dan Mountain dalam Rahim 2007:2). Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang termasuk di dalam retorika seperti keterampilan berbahasa yang lainnya (berbicara dan menulis) (Haryadi 2007:4).

Secara linguistik, membaca merupakan proses pembacaan sandi (decoding process). Artinya dalam kegiatan membaca ada upaya untuk menghubungkan kata-kata tulis (written word) dengan makna bahasa lisan (oral language meaning). Dengan kata lain Anderson dalam Tarigan (1979:7) mengatakan bahwa kegiatan membaca merupakan kegiatan mengubah tulisan/ cetakan menjadi bunyi-bunyi yang bermakna

Menambah Kosa Kata
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Dalam kegiatan membaca, kegiatan lebih banyak dititikberatkan pada keterampilan membaca daripada teori-teori membaca itu sendiri. Pada dasarnya membaca adalah sebuah perintah atau kewajiban, sebagaimana dujelaskan dalamwahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu bacalah (iqra). Sebenarnya perintah me,baca mempunyai banyak manfaat atau tujuan. Baik manfaat langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja otak kita, dalam hal ini adalah ingatan dalam otak. Apabila ingatan seseorang tidak atau jarang digunakan akan membuat memori kita hilang tanpa kita sadari.

Selain itu, membaca adalah kegiatan positif. Membaca dapat memberi kita banyak informasi dalam kehidupan. Sehingga kita dapat mengetahui hal – hal baru di sekitar kita. Membaca juga dapat menambah kosa kata – kosa kata baru yang belum pernah kita sengar atau belum pernah kita baca sebalumnya. Dengan adanya kisa kata baru, kita menjadi lebih bersemangat untuk mengetahui makna dari kosa kata yang baru saja kita dapatkan.

Setelah mengetahui makna dari kosa kata tersebut, kita akan lebih giat membaca untuk mencari bahasa – bahasa baru yang belum kita ketahui. Pertambahan kosa kata sangat penting, secara otomatis kosa kata tersebut akan terekam dalam memori kita. Sehingga wawasan kita tentang bahasa semakin luas.

Jadi, membaca sangat penting dalam penambahan pengetahuan dan kosa kata kita.

Sumber: http://forum.viva.co.id/iptek/673089-membaca-menambah-kosa-kata.html

1 comments

Sipp post... :)
membaca emg di butuhkan... pas ujian aj musti baca buku.. klo gk, mw jwb ap hehe


EmoticonEmoticon